Art Centre 2010

emak

Pas lagi buka file-file di laptopku, eh malah ketemu backup foto-foto ini. Sudah lama sih. Foto satu tahun lalu. Foto-foto ini aku ambil di art centre. Waktu itu ada acara Pesta Kesenian Bali. Yah, kalau ditanya masalah ada apa aja di sana, ya jawabannya ada banyak orang, juga banyak pertunjukkan. Mulai dari pengunjung, pedagang, sampai seniman yang sedang mempersiapkan pertunjukkan mereka.

Nah, kebetulan waktu itu ada hu

nting foto bareng temen-temen sma ku. Rencananya sih buat pameran Presslist 2010. Ya udah, aku ikutan aja. Walau ga punya kamera, aku masih tetep smangat buat ikut hunting fotonya. Aku pinjem kamera temen. Merknya Kodak, aku lupa tipe brapa. Pokoknya masih standar. Tapi yang penting bisa dipake jepret-jepret aja.

Ah, kita mulai aja perjalanan jepret-jepretnya.

Namun sebelumnya aku bahas dulu foto yang paling atas. Foto itu menggambarkan seorang nenek yang sedang merenung di sela-sela pertunjukkan tari yang sedang ia tonton. Dan ini adalah salah satu foto favoritku.

penari kembar

Nah, kita mulai dari foto dua penari muda yang cantik ini. Seingatku, nama tariannya itu “Legong Kraton”. Tarian ini terdiri dari tiga penari. Namun penari pertamanya sudah masuk panggung, dan menampilkan tariannya. Dan dua penari ini sedang menunggu waktu mereka untuk tampil.

Yang menarik untukku, penari ini terlihat seperti bayangan dari penari yang satunya. Ya, mungkin karena make up dan busana mereka memang ditata supaya sama.

sayang

Foto penarinya sudah. Sekarang foto penontonnya. Pas liat kerumunan penonton, ada objek yang menarik buatku. Wanita yang mengajak seorang balita. Dengan lembut si wanita itu mengasuh si balita. Mereka juga menikmati pertunjukkan tarian itu, dan sesekali memalingkan pandangan mereka keluar dari stage pertunjukkan.

Malu

Yups, foto selanjutnya yaitu, foto dua orang anak yang sedang bermain di samping salah satu bangunan di Art Centre. Ketika mereka sedang asyik bermain, terpikir di benakku “ah kayaknya bagus nih kalo dijepret”. Eh, ternyata pas dijepret, mereka malah memalingkan wajah. Malu kayaknya, hehe.

kertas berhargaku

Nah, ketika pertunjukkan sudah selesai, tidak sengaja aku melihat seorang lelaki yang sedang melipat-lipat uang. “Ngapain sih ni orang” pikirku. Oh ternyata dia itu seorang pemulung. Ya sudah, aku coba untuk mendekatinya dan mengambil fotonya. Yah dari sini aku belajar, kalau hidup itu terkadang sangat susah bagi beberapa orang.

Beda lagi dengan si pemulung. Si pedagang sate ini memanfaatkan acara pesta kesenian bali dengan menjajakan sate buatannya. Liat saja ekspresinya, begitu serius menghidangkan satenya.

Yah, itulah sekilas tentang perjalan menjepret suasana di Pesta Kesenian Bali tahun 2010. Ngeliat semua foto-foto ini, jadi kepengen hunting foto lagi.,haha.

Penulis : Putu Harum Bawa

One thought on “Art Centre 2010

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s