English, dari SD samapi KULIAH

Berbicara tentang belajar bahasa internasional, semua yang telah menjadi mahasiswa pasti sudah pernah belajar bahasa yang satu ini, ‘bahasa Inggris’. Ya, kita telah mempelajari bahasa ini dari sejak SD. Bahkan sekarang setelah menjadi mahasiswa pun, mata pelajaran bahasa Inggris-yang lebih dikenal sebagai mata kuliah di perguruan tinggi- wajib untuk dipelajari lagi. Lebih tepatnya diperdalam lagi. Itu menunjukkan betapa pentingnya penguasaan Bahasa Inggris untuk karier kita di masa depan.
Nah, terus apa aja sih bedanya pelajaran bahasa Inggris di kuliah sama SMA?, Apa aja yang bakal diperdalam?

Hmm, menurutku secara garis besar, tidak terdapat banyak perbedaan antara mata kuliah bahasa Inggris dengan pelajaran bahasa Inggris umumnya. Nah, bisa kita liat dari tabel mata kuliah di bawah ini. Tapi memang bobot pembelajaran dan kemampuan yang dituntut jauh lebih tinggi daripada saat kita SMA.

Mata Kuliah : Bahasa Inggris

Kode/bobot/Semester : IG091308/ 2 sks / 1

 Tujuan Pembelajaran (Learning Objectives) :

1. Mahasiswa dapat memahami isi sebuah artikel/ jurnal/ teks akademik mengenai sains dan teknologi yang ditulis dalam bahasa Inggris.

2. Mahasiswa dapat mendiskripsikan informasi atau isi dari argumentatif teks lisan setelah menyimak teks tersebut.

3. Mahasiswa dapat mengungkapkan argumentasi atau ide-ide logis secara lisan atau tulisan.

 Kompetensi (Competency) :

1. Mahasiswa dapat menerapkan strategy membaca yang efektif untuk menafsirkan isi argumentatif teks berbahasa Inggris yang berbasis sains dan teknologi.

2. Mahasiswa dapat menafsirkan isi berbagai jenis teks lisan yang berbahasa Inggris.

3. Mahasiswa dapat menyampaikan secara lisan dan tulisan argumenargumen atau ide-ide dalam bahasa Inggris.

 Pokok Bahasan (Subject Matter) :

1. Scanning: Scanning in everyday life; scanning tables; scanning academic articles/jurnals,; scanning encyclopedia entri.

2. Previewing and Predicting: previewing and predicting book covers to foresee the contents; listen to spoken text and predict the suitable picture or figures; Say out loud the undelined reasons for predicting.

3. Vocabulary Knowledge for Effective Reading and listening: guessing meaning from context in sentences; using grammar to guess word meaning; recognizing words connecting ideas.

4. Topics: stating and recognizing topics from a paragraph or a text in written and spoken text; working with the topics, finding and writing the topic sentence.

5. Main Ideas: finding the main idea in the topic sentence, stating main ideas of a paragraph, develop topic to main ideas, develop supporting details for the main ideas, producing an outline.

6. Patterns of Organization: recognizing signal words to identify the types of patterns, recognizing the patterns of various written texts; writing an essay with some selected patterns.

7. Skimming: skimming book reviews skimming jurnal or articles.

8. Making Inference: Infering missing information, making inferences from conversations.

9. Summarizing and Analysis: summmarizing a paragraph or passages, and making a text or article analysis

 Pustaka Utama :

1. Mikulecky and Jeffries. “More Reading Power” , Addison-Wesley publishing Company, 1996

2. Supriyanto. ”Critical Reading” ITB. 2007.

3. ITS English Teaching Team. “ English for Science and Technology. ITS. 2008.

Pustaka Penunjang :

1. Rooks. “ Paragraph Power: Communicating Ideas through Paragraphs.Prentice Hall Regents. 1999

2. Hayden, R.E., Pilgrim, D.W, and Haggard, A.Q. “Mastering American English. Prentice Hall, Inc. 2000.

3. Thomson and Martinet. “A Practical English Grammar. Oxford University Press.1995.

4. Anderson and Anderson. “Text Types in English” Macmillan.2003.

Setelah liat info di atas, aku cari info yang lebih jelas lagi tentang apa saja yang akan dipelajari di mata kuliah bahasa Inggris ini, nah ternyata dapet link yang iniRANCANGAN ANALISIS PEMBELAJARAN MATA KULIAH: BAHASA INGGRIS.’

Ah, ternyata banyak sekali yang harus dipelajari dalam mata kuliah yang satu ini. Apalai kalau ngomong masalah ‘grammar’nya. Nah, aku coba nyari daftar buku yang ada di atas. Eh ternyata bapak’ku punya salah satunya- Thomson and Martinet. “A Practical English Grammar. Oxford University Press.1995.-walaupun beda tahun terbit, tahun1986. Yah, buku itu sih sebenernya dikasi mintak sama salah seorang bule yang bapak’ku kenal.

Walaupun merupakan pustaka penunjang-bukan pustaka utama-aku sharing aja isinya sekilas, tapi masih dalam bahasa inggris aja ya. Kapan-kapan aku post versi terjemahannya, hehe.

Klik ‘Articles and one, a little/a few, this, that’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s