Berkenalan dengan Sistem Digital

Sudah beberapa kali aku mendengar istilah Sistem Digital. Namun sampai sekarang belum tahu secara akurat apa sih sebenarnya sistem digital itu. Lalu ada pula istilah sitem analog. Apakah kedua sistem ini sama, atau berbeda sama sekali?. Nah, setelah mencari-cari informasi tentang sistem digital akhirnya dapat juga info yang lumayan membuka pengetahuan tentang sistem digital. Padahal sebelumnya aku sama sekali awam tentang sistem digital ini. Sip, sekarang saatnya berkenalan dengan sistem digital.

Perkembangan teknologi dalam bidang elektronika sangat pesat, dan sekarang sudah menggunakan sistem digital. Dalam peralatan digital penyajian data atau informasi merupakan susunan angka-angka yang dinyatakan dalam bentuk digital (rangkaian logika). Ada beebrapa rangkaian dasar dari logika digital, yaitu gerbang NOT, gerbang AND, gerbang OR, gerbang NAND, gerbang NOR, gerbang XOR, gerbang XNOR.

Sistem digital/sistem analog memproses sinyal-sinyal bervariasi dengan waktu yang memiliki nilai-nilai kontinyu/diskrit.

Beberapa keuntungan sistem digital dibandingkan dengan sistem analog adalah:

  • Kemampuan mereproduksi sinyal yang lebih baik dan akurat
  • Mempunyai reliabilitas yang lebih baik (noise lebih rendah akibat imunitas yang lebih baik)
  • Mudah didesain, tidak memerlukan kemampuan matematika khusus untuk memvisualisasikan sifat-sifat rangkaian digital yang sederhana
  • Fleksibilitas dan fungsionalitas yang lebih baik
  • Kemampuan pemrograman yang lebih mudah
  • Lebih cepat (debug IC complete complex digital dapat memproduksi sebuah keluaran lebih kecil dari 2 nano detik)
  • Ekonomis jika dilihat dari segi biaya IC yang akan menjadi rendah akibat pengulangan dan produksi massal dari integrasi jutaan elemen lokita digital pada sebuah chip miniatur tunggal.

Sistem digital menggunakan kombinasi-kombinasi biner BENAR dan SALAH untuk menyerupai cara ketika menyelesaikan masalah sehingga disebut juga logika-logika kombinasional. Dengan sistem digital dapat digunakan langkah-langkah berpikir logis atau keputusan-keputusan masa lalu (memori) untuk menyelesaikan masalah sehingga biasa desbut logika-logika sekuensial (terurut).

Logika digital dapat direpresentasikan dengan beberapa cara yaitu:

  • Tabel kebenaran (truth table) menyediakan suatu daftar setiap kombinasi yang mungkin dari masukan-masukan biner pada sebuah rangkaian digital dan keluaran-keluaran yang terkait.
  • Ekspresi-ekspresi Boolean mengekspresikan logika pada sebuah format fungsional.
  • Diagram gerbang logika (logic gate diagrams)
  • Diagrams penempatan bagian (parts placement diagrams)
  • High level description language (HDL)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s