Sarjana ++

Setelah lulus SMA, banyak siswa yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan menuju perguruan tinggi. Namun tidak semua siswa SMA dapat menikmati pendidikan di perguruan tinggi. Banyak alasan mengenai hal ini. Mulai dari biaya pendidikan yang tidak terjangkau, sampai pilihan siswa itu sendiri untuk terjun ke dunia kerja terlebih dahulu.

Bagi siswa yang melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi, maka akan menerima sebuah gelar baru. Gelar sebagai seorang mahasiswa. Mereka bukan lagi seorang siswa, namun sudah menjadi seorang “mahasiswa”. Seorang mahasiswa dituntut untuk menjadi insan yang kritis, kreatif, inovatif, dan peka terhadap lingkungan mereka. Tidak hanya belajar melulu. Banyak hal yang bisa dilakukan selagi menjadi mahasiswa.

Beberapa mahasiswa memilih bagaimana jalan atau hidup mereka di perkuliahan. Ada yang kupu-kupu (kuliah pullang kuliah pulang), ada juga yang kura-kura (kuliah rapat -kuliah rapat), kunang-kunang (kuliah nangkring-kuliah nangkring). Itu semua adalah pilihan. Terserah pada mahasiswa itu sendiri untuk memilih jalur mereka.

Namun setelah mereka kuliah dan menyelesaikan pendidikan mereka, maka mereka akan menyandang gelar sarjana. Dan sekali lagi, jenis gelar sarjana ini juga merupakan pilihan mahasiswa itu sendiri. Apakah ingin menjadi seorang sarja biasa ataukah ingin menjadi sarjana++. Apa itu sarjana++? Sarjana ++ adalah sarjana yang memiliki bekal lebih ketika mereka lulus dari sebuah perguruan tinggi. Dan bekal lebih itu mereka dapatkan ketika menjalani masa kuliah. Mungkin ada yang mendapatkan bekal ketika mereka menjadi akademisi, menjadi organisatoris ataupun menjadi seorang entrepreneur ketika mereka menjadi seorang mahasiswa. Dan tentunya, bekal inilah yang akan mereka pakai untuk mengabdikan diri mereka untuk masyarakt, bukan hanya untuk kepentingan diri-sendiri.

Sekali lagi, semua itu tergantung pilihan kita, ingin menjadi sarjana biasa-biasa, ataukah menjadi sarjana++, yang memang benar-benar menjadi orang yang berguna untuk sekeliling kita.

Penulis: Putu Harum Bawa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s