CPU?

Komputer terdiri dari berbagai komponen. Komputer membutuhkan ketiga komponen itu untuk dapat digunakan atau bekerja. Pertama yaitu hardware, merupakan perangkat keras komputer. Kemudian ada software yang meruapakan program-program komptuer yang dapat dijalankan di dalam komputer sehingga kita dapat memanfaatkan komputer untuk berbagai hal. Dan yang tidak kalah penting yaitu brainware, yaitu pengguna komputer itu sendiri. Tanpa ada yang mengoperasikan komputer tersebut, komputer tersebut tidak akan ada gunanya. Nah, dalam sesi ini kita akan membahas salah satu komponennya, yaitu hardware komputer, khususnya CPU.

Unit Pemroses Sentral (UPS) atau yang lebih dikenal dengan sebutan CPU (Central Processing Unit). CPU menjadi bagian penting dalam proses kerja komputer. Proses kerja komputer itu  sendiri adalah mengendalikan seluruh kegiatan pengolahan data dimulai dari membaca data dari peralatan, mengolah data, sampai pada mengeluarkan informasi data yang telah dibaca dan diolah tadi (Output).  Central Processing Unit (CPU) adalah bagian dari sebuah sistem komputer yang melakukan instruksi dari program komputer, untuk melakukan operasi aritmatika, logika, dan input / output dasar dari sistem. CPU memainkan peran sebagai otak dalam komputer. Istilah ini telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an. Bentuk, desain dan implementasi CPU telah berubah secara dramatis dibandingkan dengan yang awal, tetapi operasi dasar mereka tetap sama.
Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih PCB. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip tunggal yang disebut microprocessor. Sejak 1970-an kelas mikroprosesor CPU telah hampir sepenuhnya diambil alih semua implementasi CPU lain. CPU modern adalah sirkuit besar terpadu namun dalam skala kecil atau ukuran yang kecil, paket persegi, dengan terhubung beberapa pin.

Dua komponen khas dari CPU adalah logika aritmatika unit (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit kontrol (CU), yang mengambil instruksi dari memori dan menerjemahkan dan mengeksekusi mereka, memanggil ALU bila diperlukan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s