Jalan

aku udah jalan sampai mana ini?
aku udah liat apa aja?
apa aja yang mesti aku liat lagi?
aku kira aku paling depan,
tapi kok banyak skali orang yang di depanku,,
atau malah aku paling belakang.,
aku kira selalu menyenangkan,
tapi kok penuh dilema,
lalu apa yang salah?
tampaknya aku salah memulai perjalan ini?
tapi udah terlanjur jalan,
ya liat saja sampai seberapa jauh aku akan terjatuh, tersungkur, lalu berhenti melanjutkan perjalan ini.,

Sepertinya maksa banget, kalau bait di atas dijadiin puisi. Ya memang bukan puisi. Tapi status FB. Status yang nunjukkin kalo si anak ini lagi galau berat. Dan anehnya anak itu adalah aku. Eh, tapi tunggu dulu. Walaupun asal tulis itu ada maknanya kok.

Aku sempat berpikir, sudah sejauh mana aku berkembang. Bertumbuh dan menjadi dewasa. Terkadang terlintas di pikiranku bahwa aku, sekarang sebagai seorang mahasiswa, belum memiliki kemampuan yang memadai. Masih banyak yang perlu dipelajari. Terkadang aku sebagai remaja, mungkin juga teman-teman pernah merasakan, bahwa kita sering kali menganggap diri kita yang paling benar. Kita sudah mengetahui segalanya. Kita lebih pintar, kita lebih berpengalaman dari yang lainnya. Tapi, pasti pernah juga kita merenung. Ketika kita dihadapkan pada sebuah masalah. Dan berkata pada diri, “Oh ternyata, masih banyak yang harus dipelajari, masih banyak yang harus dihadapi”.

Yah, kegalauan sementara seperti itu memang sering aku hadapi. Namun, ini merupakan perjalan. Yang namanya perjalanan yang harus jalan. Harus terus bergerak, bergerak dan berpindah. Terus berkembang. Walaupun banyak pengalaman pahit yang telah aku cicipi. Setidaknya sampai sekaran aku masih berjalan, menjalani kehidupan, dengan apa yang aku suka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s